SOCIAL MEDIA

Sunday, July 7, 2019

Sholat Ied Damai nan Tentram Tanpa Rengekan Balon & Mainan

Siapa yang kalau sholat ied, anaknya liat balon minta balon?
Liat mainan, minta mainan?
Siapa yang galau, mau dibeliin tapi di rumah udah bejibun balon, bejibun mainan?
Eh nggak dibeliin, anaknya gidroh-gidroh?

Jalan muter kanan, ketemu penjual balon.
Jalan muter kiri, ketemu penjual mainan.
Njuk ngresula, “kenapa nasibku selalu dipertemukan dengan sang penjual balon dan mainan?”
Hahaha...Bahkan salah langkah bisa “bubar jalan”, atau justru jadi “tontonan”.
Duh! Saya bangeeeet! Hahaha...

Lalu gimana dong?




Sebelum kenal Enlightening Parenting ya saya begitu itu. Bahkan tahun lalu, Andin sempat nangis mbengok-mbengok, karena pulang sholat ied, eh balon di tangan, terbang tanpa permisi. Akhirnya Oma Opa jadi pahlawan. Muter keliling Purwokerto nyari penjual balon, asal cucu bisa tersenyum senang, apapun dilakukan. Padahal di rumah ya udah beranak pinak beberapa balon. Yah, dibilang lebay, ya memang kenyataannya begitu. Dibilang kok anaknya gitu itu ya, lha memang simboknya ini nggak nyiapin what-if scenario apapun. Males bok. Hahaha...

Jadi salah siapa dong? *tunjuk hidung sendiri

Maka, belajar dari pengalaman yang sudah sudah. Tahun ini selain doa memohon keselamatan, saya juga persiapkan segala ubo rampe sajen selama di Purwokerto dengan BRIEFING & ROLEPLAYING.

Saat di Jogja, saya udah tanya, selama di Purwokerto, Andin mau beli apa aja sama Oma?
Jawabannya balon, mainan, dan jamu. Maklum, Andin ini demen betul nemenin Omanya ke pasar dekat rumah. Disanalah “surganya”. Mainan yang menurut saya, “halah gini aja dibeli”, lain perkara buat Omanya. Asal cucu senang, asal cucu bahagia. Konon, begitu aturannya. Ehem.

Maka, saya buat kesepakatan. Saya ingatkan bahwa Opa sekarang sudah pensiun dan Oma-Opa sakit ini itu. Andin ngeh soal ini karena beberapa kali Andin sendiri jadi saksi saat Oma Opanya sakit. Andin minta ijin beli ini itu sama Oma-nya. Saya mengijinkan Andin mengiyakan tawaran “surga” dari Oma Opa. Tapi saya pun punya syarat.

Apa syaratnya?

Satu. Saya mengijinkan Andin mengiyakan tawaran “surga” dari Oma Opa. Tapi saya pun punya syarat, “boleh nggak belinya salah satu aja, mainan atau balon?”. Andin setuju, mengiyakan beli balon aja dan Andinpun punya syarat balik. Hahaha…
Andin minta membawa beberapa mainan dari Jogja sebagai ganti nggak lagi membeli mainan di Purwokerto. Setuju. Mulailah kami memilah mainan mana yang perlu dibawa.

Roleplaying deh untuk para penjaja “surga” yang bakal sering Andin temui di Purwokerto, bahkan tawaran yang paling susah ditolak, karena justru datang dari Oma-Opanya tanpa Andin minta.

Dua. Setelah sampai Purwokerto, saya ingatkan soal kesepakatan tawaran “surga”. Cek pemahaman terakhir kali di depan Oma Opanya. Dan saat pergi sama Omanya ke pasar, pulanglah dia dengan bawa satu balon 🎈

Saat di pasar Andin liat mainan nggak? Liat.
Ditawarin mainan nggak sama Oma? Oooh pastilah.
Apa jawaban Andin?
Konon kata Omanya Andin menolak dan bilang “nanti Andin beliin balon aja ya Oma, satu”.

Lalu saat dengar pengumuman ketetapan 1 syawal, saya ingatkan Andin tentang “sholat hari raya”. Ini bukan pertama kalinya Andin ikut sholat ied, apalagi tahun lalu sholat bareng sahabat saya dari Belanda, Danae. Jadi, Andin ingat betul momennya. Saya tinggal ceki ceki beberapa poin. Sholatnya dimana, cara sholatnya, setelah sholat ngapain.

Tiga. Roleplaying termasuk cara membangunkan karena akan bangun lebih awal, mandi lebih pagi dan uborampe yang akan dibawa kalau tidak sempat sarapan pagi. Nah, saya ingatkan juga bahwa nanti di tempat sholat ied ada banyak penjual balon juga mainan. Andin mau gimana? Andin ingat sudah beli satu balon di pasar, maka dia nggak akan meminta balon lagi.

Empat. Saya tanya lagi, kalau liat kakak-kakak beli balon gimana?
Andin meyakinkan nggak akan minta karena dirumah sudah ada balon.
Lalu saya tanya lagi, kalau Andin kepengen banget beli balon gimana? Andin minta saya ajak dia jalan-jalan ke lain tempat. Saya setuju dengan syarat setelah sholat selesai. Sepakat.

Lalu kenyataannya gimana? 
Seindah bayangankah? 
Atau ndremimilnya sia-sia belaka?


Taaaraaaa....
Hari rayapun tiba.
Alhamdulillah dimudahkanNya sholat ‘ied berjalan lancar.
Penjual balon ada dimana-mana sejauh mata memandang.
Aaajaaaibnya (aajaaaib!) nggak ada permintaan apalagi rengekan beli balon.
Andin melihat penjual balon dengan santainya dan bilang “Andin udah punya di rumah ya, Ma”.

Sejujurnya kalaupun ternyata briefing & roleplaying ini gagal pun akan tetap saya posting. Siapa tau yang baca jadi nggak gagal. Biar saya aja yang menanggung kegagalan dan dahsyatnya godaan penjual balon hari raya. *peluk dilan *halah

Masyaalloh, Alhamdulillah Alloh swt mampukan segalanya.

Nah, selesai sholat ied ajang kumpul keluarga.
Andin akan ketemu banyak saudara, banyak tetangga.

Saatnya silaturahmi ke sana-sini.
Gimana caranya saat bertemu sanak saudara?
Gimana caranya menjadi anomali saat semua bergadget ria?
Gimana tv di rumah Oma-Opa tidak pernah nyala saat Andin ada?

Insyaalloh ditulisan selanjutnya ya.

Tulisan ini pernah diposting di instagram @nuriiaprilia :

No comments :

Post a Comment